Ngabuburit Asik bersama A'morenesia

Apa sih Ngabuburit itu?

Puasa identik dengan kata "ngabuburit." Sebetulnya, apa sih ngabuburit itu? Kata "ngabuburit" berasal dari bahasa Sunda yaitu "burit" yang artinya sore; senja; petang. Awalan 'nge' dan suku kata 'bu' berarti melakukannya berulang kali. Sehingga dapat diartikan ngabuburit sebagai kebiasaan menunggu sore.

Ngabuburit telah lama menjadi kebiasaan masyarakat di Jawa Barat. Konon katanya dahulu kala para ibu-ibu akan keluar rumah selepas ashar bertandang ke rumah tetangga sambil menganyam dan bersenda gurau. Sedangkan anak-anaknya akan bermain keluar rumah menyisir alun-alun hingga matahari terbenam. Kegiatan tersebut dilakukan sambil menunggu bapak mereka pulang dari ladang.

Kebiasaan tersebut masih terbawa dan berlaku saat bulan Ramadhan. Tidak hanya masyarakat Jawa Barat, tetapi hampir setiap orang Indonesia melakukannya. Saat ini ngabuburit menjadi istilah yang umum di kalangan umat muslim di Indonesia.

Kalaulah arti harfiah ngabuburit adalah menunggu sore, jadi, ngabuburit ternyata tidak hanya berarti keluar rumah atau jalan-jalan sore. Melainkan hal-hal yang kita lakukan untuk 'membunuh waktu' agar pada sore hari. Bukan begitukah?

A'morenesia wattpad Ruthellia

Membaca wattpad Ruthellia

Ada yang belum tahu wattpad? Wattpad itu adalah situs tempat karya-karya tulis. Ada cerpen, bahkan novel. Serta ada juga puisi. Saya mengenal situs ini semenjak dua tahun yang lalu, yaitu pada tahun 2015, diperkenalkan oleh adek saya. Adek saya waktu itu memperkenalkan cerita Guardian Reaper karya Ruthellia

Sampai saat ini, ada lima cerita yang telah dipublikasikan oleh Ruthellia. Bahkan ada yang sudah dibukukan. Kelima cerita itu adalah Malice (genre: misteri/getaran), Guardian Reaper (genre: fantasy) dan The Last Wish -yang merupakan sambungannya (genre: fantasy). Reversed Time (genre: fantasy), serta A'morenesia (genre: romance).

Malice bercerita tentang petualangan seorang wanita yang ingin kabur dari sebuah rumah yang dihuni oleh psikopat. Cerita ini epic banget. Tokoh: Alice, Maia, para Mary, serta Daniel, dll.

Guardian Reaper dan The Last Wish? Wah favorit saya nih. Selain saya juga menyukai cerita fantasi, ceritanya memang menarik. Ceritanya tentang peri, malaikat maut, dan kehidupan manusia. Tokoh: Ryder, dan Elena, dll.

Reversed Time juga cerita bergenre fantasi tentang Underhead (bangsa pencurang kematian) dan Jinx (bangsa pengawas). Ruthellia pandai sekali menggunaka gaya bahasa dan membuat kalimat-kalimat yang detail sekaligus indah untuk mendeskripsikan cerita. Bagaimana seolah saya bisa masuk di antara Rae, Val, dan Neal, dll. Reversed Time sudah dibukukan.

A'morenesia

Kemudian ada A'morenesia. Cerita ini bisa dibilang lebih "normal" karena lebih menyangkut kehidupan yang biasa terjadi dalam keseharaian. A'morenesia lebih kompleks. Sama seperti cerita yang lain, Ruthellia mampu membuat seolah seperti nyata. Mengisahkan tentang Julia yang kehilangan ingatannya tentang kekasihnya, Keith karena sebuah kecelakaan. Kecelakaan itulah yang merenggut sebagian memorinya. Sedangkan pada Keith, kecelakaan itu merenggut nyawanya. Julia kemudian bertemu dengan Sam, yang akhirnya membantunya mengembalikan ingatan dengan berpandu pada buku jurnal milik Julia tentang Keith.

Membaca A'morenesia membuat saya terlempar dari dunia saya, ke dunia di belahan sana, sebuah daerah di Australia. Jangan khawatir, A'morenesia menggunakan bahasa Indonesia kok. Saya suka cara penulisan Ruthellia yang entah kenapa merasuk dan saya seolah terbawa ke dalam cerita. Alurnya juga tidak membosankan menurut saya, dan tidak mudah ditebak. Saya juga suka penggunaan bahasanya. Banyak kosa kata yang bisa saya jadikan referensi.

Namun cerita ini belum selesai. Siapakah Sam sebenarnya pun belum jelas. Bahkan seperti apakah Julia di masa lalu juga entah seperti apa. Ah, jadi gak sabaran menunggu kelanjutan ceritanya.

***

Dari A'morenesia, saya menemukan lagu "la vie en rose". "La vie en rose" sempat menjadi status profil Line seorang teman. Saya pikir kata-kata mutiara Perancis. Ternyata sebuah lagu yang berarti: "hidup dalam warna pink".

Oke, begitulah. Mungkin teman-teman yang lain juga ngabuburit dengan berselancar di wattpad, atau bahkan juga di bilik Ruthellia. Atau mungkin teman-teman punya bacaan yang lain?

Baca: Ngabuburit Asik lainnya

6 comments:

  1. belum bisa mengahayl menulis tulisan curhat gituu ckckk

    ReplyDelete
  2. Saya juga penikmat wattpad nih hehe. Karya favorit saya yaitu tentang mystery dan action cuma lupa judulnya apa hehe.

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  3. Wah, saya bru tahu kalo ada wattpad. hihi
    Kayaknya perlu juga di coba nih..

    Salam kenal ya mbak...
    Ditunggu kunjungannya ke Blog saya ya mbk. hiihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, silahkan dicoba Mba.
      Sip, sudah saya kunjungi dan sudah saya tinggalkan jejak juga. Terimakasih sudah berkunjung Mba. Semoga balik lagi 😁

      Delete