-->

Ngabuburit Asik

Berbicara soal Ramadhan, ada satu hal yang identik: ngabuburit.


Apa sih Ngabuburit itu?

Puasa identik dengan kata "ngabuburit." Sebetulnya, apa sih ngabuburit itu? Kata "ngabuburit" berasal dari bahasa Sunda yaitu "burit" yang artinya sore; senja; petang. Awalan 'nge' dan suku kata 'bu' berarti melakukannya berulang kali. Sehingga dapat diartikan ngabuburit sebagai kebiasaan menunggu sore.

Ngabuburit telah lama menjadi kebiasaan masyarakat di Jawa Barat. Konon katanya dahulu kala para ibu-ibu akan keluar rumah selepas ashar bertandang ke rumah tetangga sambil menganyam dan bersenda gurau. Sedangkan anak-anaknya akan bermain keluar rumah menyisir alun-alun hingga matahari terbenam. Kegiatan tersebut dilakukan sambil menunggu bapak mereka pulang dari ladang.

Kebiasaan tersebut masih terbawa dan berlaku saat bulan Ramadhan. Tidak hanya masyarakat Jawa Barat, tetapi hampir setiap orang Indonesia melakukannya. Saat ini ngabuburit menjadi istilah yang umum di kalangan umat muslim di Indonesia.

Kalaulah arti harfiah ngabuburit adalah menunggu sore, jadi, ngabuburit ternyata tidak hanya berarti keluar rumah atau jalan-jalan sore. Melainkan hal-hal yang kita lakukan untuk 'membunuh waktu' agar pada sore hari. Bukan begitukah?

Kali, ini Taruih Baraja akan menyediakan beberapa hal yang bisa dijadikan untuk referensi ngabuburit asik --yang akan diupdate seiring dengan berjalannya waktu. Apa sajakah itu?

Hal-hal yang dapat dilakukan saat ngabuburit:


Semoga Ramadhan kali ini lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Be productive during Ramadhaan.

No comments:

Post a Comment