Menu Sahur/Buka: Air Putih


Begitulah menu buka puasa ala anak kos seperti saya di hari kedua Ramadhan tahun ini. Air putih, kue bolu kampung oleh-oleh dari Indria -yang disodorkan bersama ucapan selamat ulang tahun. haha.- Serta dua pieces cokelat sisa sahur. Syukuri saja, yang penting ada. Betul apa betul?

Ngomong-ngomong soal air putih, air putih jangan dianggap sepele buat menu buka puasa. Pun buat sahur. Berikut adalah manfaat minum air putih saat buka puasa. Pun saat sahur. -Seperti dikutip dari laman ABC News.

Meningkatkan kemampuan otak
Minum air bisa membantu seseorang untuk lebih cepat berpikir dan bertindak, demikian menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Human Neuroscience. Para peserta penelitian yang minum air sebelum melakukan serangkaian tugas kognitif akan bereaksi lebih cepat daripada mereka yang tidak meminumnya.

Membantu mengontrol berat badan
Air putih adalah salah satu cara menahan lapar saat diet. Biasanya, orang yang diet disarankan untuk minum air putih saat merasa lapar. Selain itu, meminum segelas air terlebih dahulu di saat berbuka juga akan memproteksi diri kita dari konsumsi makanan secara berlebihan.

Menyeimbangkan cairan tubuh
Lebih dari setengah tubuh manusia adalah cairan. Air akan membantu fungsi penting dalam menjaga suhu tubuh, melindungi organ-organ vital, dan membantu melancarkan pencernaan.

Menurunkan risiko serangan jantung
Air merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga kesehatan jantung. Sebuah studi dalam American Journal of Epidemiology menunjukkan bahwa minum air lebih banyak dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner. Sementara, mengkonsumsi cairan lain selain air putih ternyata akan meningkatkan risiko penyakit ini.

Meningkatkan mood
Peningkatan konsumsi asupan air harian bisa mengurangi intensitas sakit kepala yang berujung pada perbaikan mood, demikian menurut sebuah penelitian. Ketika tubuh tidak terhidrasi dengan baik, pembuluh darah akan melebar. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan dan memperburuk sakit kepala.

Karena, puasa bukanlah sebuah hal yang membuat kita tidak mengkonsumsi air putih yang banyak. Sebab air putih berguna supaya tubuh tidak dehidrasi. Saat puasa, tubuh tetap butuh 2 liter per hari, atau setara dengan 8 gelas.

“Dengan dibatasinya makan dan minum orang yang berpuasa, kita dapat mengatur konsumsi air dengan minum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur dan 2 gelas saat sahur,” - dr. Pradono Hanjoyo, MHA dilansir dari Kompas.

2 comments:

  1. Saya juga menunya sederhana aja kalau buka dan sahur. Air putih juga kudu diminum :-)

    ReplyDelete
  2. Benar sekali, lebih baik diawali dengan air putih saat berbuka puasa untuk menormalkan sistem cerna setelah istirahat seharian. Mampir ya di blog saya bundadzakiyyah (dot) com

    ReplyDelete