-->

Pengalaman Menghilangkan Jerawat


Jika Ramadhan kali ini benak saya dipenuhi dengan proposal-proposal-proposal. Ramadhan tahun lalu, benak saya dipenuhi dengan KKN-KKN-KKN. KKN = kuliah kerja nyata. Hal ini mengingatkan saya akan suatu hal yang terjadi di diri saya setahun yang lalu: saya mulai jerawatan. Maksudnya, saya jerawatan di saat KKN, dan semua heboh setelah itu.

Pada lebaran tahun ini, boleh saya prediksikan akan datang pertanyaan "kapan wisuda", ya sebagaimana biasanya. Sudah waktunya, katanya. Lebaran tahun lalu, saya kebanjiran pertanyaan "kok jerawatan?"

Kenapa tidak? Jerawat yang menyerang saya di saat KKN bukan satu-satu, melainkan segerombolan jerawat. Sebetulnya, bukan jerawat sih. Wajah saya adanya bekas jerawat yang saya tak tahan untuk saya pencet. Walhasil, wajah saya penuh noda hitam bekas jerawat di dahi dan kedua pipi saya. Sekarang, alhamdulillah jerawat dan bekasnya sudah dibasmi. 

Nah, pada saat lebaran, tentunya kita pengen terlihat fresh dan bersinar. Bahkan, bukan hanya di saat lebaran saja kita ingin terlihat fresh dan merona.

Gimana caranya menghilangkan jerawat?


Pertama, saya rutin memakai sabun belerang. Jerawat sudah tak tumbuh lagi di wajah saya. Noda-nodanya memang agak lama untuk menghilang.

Kedua, saya kemudian beralih ke sabun kolagen. Sebut saja, mereknya HPAI. Iya, sabun transparan dengan kotak berwarna merah jambu itu. Alhamdulillah bekas sudah memudar.

Ketiga, saya rutin memakai minyak zaitun. Juga semerek dengan sabun. Yap, extra virgin olive oil-nya HPAI. Minyak zaitun ini saya oleskan ke wajah satu hingga dua kali sehari. Siang atau sore, dan malam menjelang tidur.

Keempat, entah ini nyambung atau tidak, tapi saya sudah jarang memakai bedak. Ini supaya kulit bisa bernapas.

Kelima, tidur dalam keadaan wajah yang bersih. Pernah, saya terlalu capek dan enggan membasuh muka sebelum tidur. Padahal muka saya penuh debu dan keringat. Besoknya saya bangun, wajah saya sudah ditumbuhi jerawat. Saya juga mulai memakai toner, walau tidak rutin, hanya ketika saya rasa wajah saya sangat berminyak dan jauh dari sumber air.

Begitulah pengalaman saya menghilangkan jerawat dengan sabun belerang, sabun kolagen, dan minyak zaitun. Serta, menjaga kebersihan wajah.

PS: Maafkan foto saya. Maaf juga saya tak sempat membuat perbandingan before-after-nya.

No comments:

Post a Comment