5 Keuntungan Bekerja dari Rumah

Sebagai seorang wanita, kadang saya berpikir enak juga ya, kalau bekerja di rumah. Seorang wanita yang bekerja di rumah bukan berarti bekerja untuk tiga hal: kasur, sumur, dan dapur saja. Ah, you know what i mean, right? Boleh-boleh saja sih, mengurus itu. Tapi bukan itu maksudnya. Maksudnya, bekerja, cari duit, menjadi wanita karier, wanita yang bekerja. Tapi dilakukan di rumah.

Kerja apa? Buka kedai/toko kah? Buka jasa menjahit di rumah kah? Atau apa? Bisa jadi, bisa jadi. Tapi tak hanya itu. Sebagaimana yang telah kita ketahui, sekarang ini kita telah memasuki era baru, era digital. Di era digital ini, rasanya semakin banyak orang-orang yang bekerja di rumah. Baik itu laki-laki, atau pun perempuan.

Pekerjaan-pekerjaan lainnya yang bisa dilakukan di rumah antara lain menjadi desainer, programmer, copy writer, admin media sosial, editor, youtuber, blogger, penulis, pebisnis online, dan sebagainya. Pekerjaan-pekerjaan itu kebanyakan dapat dikerjakan dengan mudah jika kita memiliki akses internet yang bagus. Postingan ini pun tidak terkecuali untuk yang tidak full time bekerja di rumah, misalnya pekerjaan sampingan saja yang dilakukan di rumah. Part time blogger, misalnya.

Keuntungan bekerja di rumah

Setelah mengulik-ngulik referensi, dan mengerjakan sedikit proyek di rumah, saya menemukan dan merasakan ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan saat bekerja di rumah.

#1 Hemat pengeluaran

Bekerja di kantor membutuhkan ongkos transportasi. Belum lagi uang makan. Kalau tidak sempat menyiapkan bekal dan kebetulan juga tidak ada fasilitas makan siang dari kantor, maka terpaksa keluar uang.

Semua pengeluaran itu akan ditekan jika bekerja dari rumah.

#2 Efisien waktu

Bayangkan jika pekerjaan di kantor sedang tidak banyak, sedangkan kita masih terikat dengan jam kantor. Lalu waktu akan berlalu begitu saja sementara kita tidak melakukan apa-apa dengan produktif. Akhirnya kita "terkurung" di kantor.

Jika bekerja di rumah, ketika pekerjaan sedang tidak banyak, kita dapat melakukan hal yang lain.

Selain itu, dengan bekerja di rumah, juga akan menghemat waktu,karena tidak ada waktu yang dihabiskan di perjalanan pulang-pergi sebagaimana yang dimiliki pekerja kantoran. Terlebih jika lalu lintas macet.

#3 Nyaman dan fleksibel

Saat merasa jenuh di sela-sela kerjaan, kita dapat berpindah tempat sesuka hati, atau rebahan dulu.

Kita dapat mengatur jadwal kerja senyaman mungkin agar dapat menghindari kejenuhan atau rasa lelah karena bekerja non stop dari jam sekian hingga jam sekian.

#4 Dekat dengan keluarga

Dengan bekerja di rumah, seseorang dapat menjadi lebih dekat dengan keluarganya. Seorang ibu dan juga bapak akan lebih bisa memantau anaknya di rumah, dan memberikan perhatian kepada keluarganya. 

#5 Lebih menjaga privasi

Bekerja di rumah memungkinkan kita untuk memiliki ruang privasi yang lebih luas dibandingkan dengan bekerja di kantor.

Suasana yang lebih tenang, nyaman, dan kondusif ini membuat bekerja di rumah jadi jauh dari gangguan, terlebih jika di kantor ada teman kerja yang toksik.

Bekerja di rumah nggak mesti sendiri

Walaupun bekerja di rumah kelihatannya dapat membatasi interaksi kita dengan dunia luar, tapi siapa bilang kita tak bisa menyentuh dunia luar?

Dengan bekerja di rumah, kita lebih leluasa mengatur waktu karena tidak terikat dengan waktu-waktu kerja seperti kerja kantoran. Waktu luang, bisa digunakan untuk rekreasi, atau berkumpul dengan teman.

Namun, di lain sudut, bekerja di rumah juga tidak memiliki artian yang sempit seperti bekerja sendiri. Bekerja di rumah, bisa bawa-bawa teman, bikin startup sama-sama, dan menjadikan rumah sebagai markasnya.

Yuk kenalan dulu dengan rumah yang bisa dijadikan markas untuk kerja di rumah!

Bekerja di rumah terasa lebih mudah dengan Cyberhome

Apa yang pertamakali terlintas di pikiran pembaca saat pertama kali mendengar kata "Cyberhome"?

Cyberhome bukanlah sebuah merek alat penyokong internet, atau alat komputer, apalagi markas tempat berkumbulnya h4cker. Bukan. Jauh dari artian itu.

Apa itu Cyberhome?

Cyberhome adalah salah satu inovasi hunian yang ada di Indonesia yang memiliki konsep rumah pintar (smart house).

Cyberhome dibangun oleh pengembang Cyber Park Indonesia. Hal ini merupakan salah satu bentuk dalam menyambut gegap gempitanya ekonomi digital yang berkembang di tahun 2017 ini, begitu kata Dedi Yudiant, CEO Cyber Park Indonesia yang sekaligus merupakan Ketua KPTIK (Komite Penyelarasan Teknonolgi Informasi dan Komunikasi).

Di era digital ini, Cyberhome juga hadir untuk mendukung pertumbuhan cyber city, digital city, dan smart city yang bertujuan untuk menjadi kawasan hunian yang produktif. Perumahan ini berlokasi di Bogor, Indonesia.

Internet yang super kencang

Cyberhome ini didirikan dengan desain yang futuristik, rumah masa depan. Penghuni rumah tidak perlu lagi memasang fasilitas akses internet. Sebab, setiap rumah akan memiliki kapasitas internet dengan skala yang besar. Tersedia juga IP Public jika ingin menghidupkan server sendiri di rumah.

Di Cyberhome, hal yang diprioritaskan adalah infrastruktur internetnya yang super kencang mulai 10 Mbps hingga 1 Gbps, dan jaringan yang ditawarkan juga stabil. 

Aman nggak sih tinggal di Cyberhome?

Cyberhome juga memiliki fasilitas sistem keamanan (security) yang otomatis dan terintegrasi ke gadget, ada juga LIVE APP yaitu aplikasi khusus yang akan dipasang pada smartphone, free backbone internet, jaringan listrik bawah tanah, sistem keamanan 24 jam.

Selain internetan, juga pengen olahraga dong!

Di kawasan perumahan ini, terdapat jalur pedestrian, jalur sepeda, dan 60% green area.

Jadi selain canggih, Cyberhome juga merupakan kawasan sehat dan asri.

Perumahan Cyberhome ini strategis nggak?

Karena berlokasi di Tamansari, Bogor, maka Cyberhome juga memiliki beberapa fasilitas di sekitarnya, yaitu The Jungle Water Park, Jungle Fest, Rumah Air, Botani Square, Lippo Plaza, Tol Jagorawi, Stasiun Bogor, RS Melania Bogor, Polsek Bogor Selatan, TK Madania Bogor, Sekolah Tunas Harapan Bogor, SD Al Azhar Bogor, SMUN 4 Bogor.

Beberapa fasilitas di atas berpotensi untuk menghilangkan jenuh jika merasa bosan menghabiskan waktu yang lama bekerja di rumah.

13 comments:

  1. Ini Cyberhome baru ada di Tamansari, Bogor aja ya?

    ReplyDelete
  2. Asikk bangeet bisa bekerjaa di rumaah :D lebih efisien waktu karena kalau butuh apa" udah ada di rumah, hemat bensin jugaa hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mba. Banyak juga sisi positif kerja di rumah 😁

      Delete
  3. Aku juga pengennya gitu mba kerja dirumah sambil ngawasin anak, sayangnya masih belum tercapai :)
    btw cyberhome juga aku kira internet mba :p taunya rumah yah mba smart house dan baru ada di Bogor manteppp sekali makasi infonya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Semangat kerja di kantornya Mba.
      Hehe iya. Pas baru denger aku juga mikir gitu Mba.
      Sama2, terimakasih juga udah singgah Mba 😁

      Delete
  4. Wah saya baru tau ada rumah secanggih ini. Ini memudahkan banget buat para pekerja digital di rumah ya. Untuk perempuan memang ada yang dihadapkan kondisi enggak bisa bekerja dan berkarya di luar rumah. Tapi jaman sekarang, pekerjaan di dunia digital juga banyak pilihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya Mba. Sambilan juga bisa. Yang penting koneksi internet di rumahnya oke ya Mba 😁

      Delete
  5. Wah informatif bgt mba postnya, berguna bgt buat aku yang freelance dan kerja dirumah. apalagi interent rumahku suka lemot XDd

    ReplyDelete
  6. satu lagi, bisa istirahat kapan saja dan dimana saja XD

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)

About

Taruih Baraja merupakan sebuah personal blog oleh seorang bernama Nadel. Isinya tidak spesifik di satu niche/topik, sebagaimana hidup dan pemikiran yang juga punya beragam warna [...] Kenali lebih lanjut

Contact

taruihbaraja@gmail.com

Made with ❤ Taruih Baraja