[AlQur'an] Bulan Ramadhan

Al Qur'an2:183
Al Baqarah 183
QS 2:183. Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.

Al Baqarah 184
Bagaimana berpuasa jika sakit dan atau dalam perjalanan?
QS 2:184. (Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka siapa yang di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari lain. (cont)

Bagaimana berpuasa jika sudah tua, hamil, dan atau menyusui?
(cont) Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan**, maka itu lebih baik baginya dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Maksudnya adalah: 
*Orang yang sakit berat, orang yang sangat tua, orang yang hamil atau menyusui
**Memberi makan kebada lebih dari satu orang miskin untuk satu hari.

Asbabun Nuzul ayat 184
Mujahid ra. mengatakan bahwa ayat ini diturunkan pada Qais bin as Saa'ib yang sudah sangat tua tetapi memaksa tetap berpuasa. Lalu Qais tidak berpuasa dengankonsekuensi memberi makan satu orang miskin setiap harinya (HR Ibnu Sa'ad)

Al Baqarah 185
Keutamaan bulan Ramadhan: Bulan diturunkanya Al-Qur'an
QS 2:185. Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang benar dan yang bathil). Karena itu, siapa yang di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan siapa yang sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.

Sesungguhnya Allah itu dekat
QS 2:186. Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, aka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdo'a apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.
Al Baqarah 186
Asbabun Nuzul ayat 186
Ali ra. mengatakan bahwa Rasulullahsaw. bersabda, "janganlah kalian berhenti berdoa, karena sesungguhnya Allah telah berfirman 'Berdoalah kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkan kalian.'". Seorang sahabat lalu bertanya, "Wahai Rasulullah, Apakah Tuhan kita mendengar doa kita? Bagaimana caranya? Lalu turunlah ayat ini. (HR. Ibnu Asakir)

Al Baqarah 187
Bagaimana dengan berhubungan suami-istri di bulan Ramadhan?
QS 2:187. Dihalalkan bagimu bercampur dengan istrimu pada malam hari puasa. Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui, bahwa kamu tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima taubatmu dan memaafkanmu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah bagimu. Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara "benang putih" dan "benang hitam", yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam. Tetapi jangan kamu campuri mereka ketika kamu beri'tikaf* di masjid. Itulah ketentuan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, agar mereka bertaqwa.

Asbabun Nuzul ayat 187
Al Barra' ra. berkata, "Saat turun kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan, para sahabat tidak mendekati para istri mereka satu bulan penuh. Namun beberapa di antara mereka ada yang melanggar larangan itu. Maka Allah menurunkan ayat ini." (HR. Bukhari)

Sumber gambar ayat: discreenshot dari https://quran.com/2/183-193

No comments:

Post a Comment