-->

Bagaimana Saya Membuat Konten Kreatif

Ngeblog bukan sekedar tentang menulis, namun juga bagaimana menyajikan tulisan kita agar menarik untuk dibaca. Untuk membuat tulisan atau postingan atau konten, blogger membuatnya secara kreatif dengan tampilan visual yang menarik. Tidak jarang, seorang blogger memperkaya tulisan di blog dengan berbagai macam konten kreatif seperti infografis, foto yang baik, gambar yang menarik, hingga video yang kreatif untuk mendapatkan perhatian pembaca.


Lalu bagaimana dengan pembuatan konten kreatif di blog Taruih Baraja ini?

Taruih Baraja memuat konten yang selalu berisi tulisan dan pendukung tulisan. Kebanyakan pendukung tulisan tersebut adalah gambar ilustrasi atau gambar lainnya seperti quotes. Untuk itu, perlu mengedit atau mendesain gambar terlebih dahulu supaya eye cathcing. Sederhananya, isi dari Taruih Baraja ialah tulisan dan pendukung, seperti gambar, dan lain-lain. Kebanyakan ialah gambar.



Pertama-tama, dalam membuat konten tulisan, kita mesti mempunyai ide tulisan terlebih dahulu. Stephen King pernah berkata "Membaca adalah pusat yang tidak bisa dihindari oleh seorang penulis." Melalui membaca, penulis dapat menemukan ide-ide baru atau referensi tentang apa yang akan ditulis. Melalui membaca pula seorang penulis dapat menambah perbendaharaan kata atau memperkaya tata bahasa.

Temukan hal-hal yang sedang "in" atau happening atau ngetrend atau hits. Kemudian kita bisa membuat dengan bahasa kita sendiri. Ingat, sopan santun dan etika mesti kita jaga. Apalagi sudah ada undang-undang ITE. Konten yang ngetrend dan diselipkan hal-hal yang inspiratif ataupun edukatif amatlah oke. Berikan ciri khas kita, agar orang-orang punya branding terhadap kita. Hal yang perlu digaris bawahi ialah: etika.

Ide bisa datang kapan saja, dan kita pun tidak hanya membaca ketika akan menulis blog, bukan? Oleh karena itu, perlu kita mencatat ide-ide tersebut. Baik itu mencatatnya di dalam pikiran, atau mencatatnya di catatan kita.


Kumpulkan mood yang baik. Ini rasanya yang paling penting. Inilah yang paling sering menjadi hambatan bagi saya untuk mengupdate blog. Terlebih blog saya ada masalah dalam hiperlink. Entah kenapa jika diklik, gak langsung terhubung ke halaman yang diklik. Malah tetap aja di Home walaupun proses loadingnya ada. Seingat saya, ini terjadi secara tiba-tiba, tidak setelah saya ngotak-atik kode html. Sedih. Mudah-mudahan cepat kembali normal. Aamiin.

Apa gunanya kita sudah punya ide, sudah punya hal-hal yang hendak dituangkan, tetapi tidak disalurkan? Apalagi hal ini cuman gara-gara mager dan lagi enggak mood. Yaudahlah. Walaupun hiperlinknya begitu, walaupun alexa rank nya menurun, walaupun poin di blogmint juga menurun, walaupun masih berjuang untuk Google Adsense, ya, yaudahlah. Alhamdulillah masih ada juga yang mau berkunjung ke blog ini meskipun rata-rata baru sekitar 200an per hari. Usaha aja terus, ya gak? Kan, jadi curhat. Ya, siapa tahu ada temen-temen yang punya solusi ^^


Katanya. Kadang, ya, kita harus memaksakan diri. "Just do it". Kalau jurus "just do it" tidak mempan, berarti kita mesti melakukan hal-hal yang membuat mood kita menjadi lebih baik. Apa itu? Sepertinya cara mengembalikan mood setiap orang adalah berbeda-beda. Ada yang dengan membaca, ada yang dengan jalan-jalan, ada yang dengan makan eskrim atau makan cokelat, ada yang dengan nonton. Teman-teman bagaimana?


Selain tulisan, yang diperlukan adalah pendukung tulisan. Biasanya konten pendukung tulisan pada Taruih Baraja ialah gambar yang telah didesain atau diedit biar cantik dan menarik. Jangan intimidasi pembaca dengan konten yang hanya berisi teks pada era yang sangat visual ini. Teman-teman suka yang mana, konten hanya tulisan panjang, atau konten yang penuh gambar-gambar kece?


Setelah itu, artikel kita siap diposting. Untuk memperbanyak pengunjung atau pembaca, kita dapat mempromosikan tulisan kita ke media sosial. Jangan lupa juga untuk saling berkunjung dan berkomentar di tulisan orang lain. Seperti teman-teman yang berkunjung di sini, dan teman-teman memberi komentar #eh. Yap, seperti saya yang juga berkunjung ke blog teman-teman.

Selesai deh, postingan terbaru kita di blog.

Mari kita review dulu apa yang kita butuhkan? Ide? Yap. Apalagi? Apalagi selain laptop/komputer/gadget?


ASUSPRO P2430U, Notebook Stylish dengan Teknologi Mutakhir

Tak dipungkiri, dalam membuat konten kreatif, kita juga butuh peralatan yang mendukung. ASUSPRO P 2430U hadir untuk menemani para profesional dalam tiap kegiatannya. ASUSPRO P 2430U menawarkan kehandalan, performa, mobilitas tinggi dan desain yang stylish dan elegan. Tidak hanya itu,  ASUSPRO P 2430U pun telah dilengkapi dengan berbagai teknologi terbaru untuk mendukung aktivitas pengguna.


Performa
Dari segi performa,  ASUSPRO P 2430U menggunakan prosessor Intel Core generasi ke-6, mulai dari Intel Core i3 sampai Core i7. Jadi dengan prosessor Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor, performa laptop semakin mendukung aktivitas penggunanya dalam bermain laptop. Mantap, bukan? Pengguna juga bisa menggunakan grafis Nvida GeForce seri 900 yang dibuat berbasis arsitektur Maxwell. Grafis ini tentu akan sangat membantu mereka yang banyak bekerja di bidang multimedia. Bisa nih, untuk membuat konten kreatif di blog.

Kapasitas Memori
Memori utama DDR4 sebesar 4GB yang terpasang juga bisa ditambah kapasitasnya. Sebanyak 2 slot memori yang tersedia bisa menampung RAM hingga sebesar 16 GB. Kemampuan ini menjadikan ASUSPRO P 2430U dapat mendukung produktivitas mobile penggunanya, termasuk saat hendak menyelesaikan pekerjaan secara multitasking.

Fasilitas Input/Output
Sebagai fasilitas input/output, ASUSPRO P 2430U menyediakan 4 buah port USB. Tiga di antaranya adalah USB 3.0 yang menawarkan kecepatan transfer data 10 kali lipat dibanding USB 2.0.  Salah satu port USB 3.0 tersebut juga mendukung USB Charger+ untuk memudahkan pengguna melakukan charging gadget.

Fitur Keamanan
Fitur keamanan? Tenang, ada kok. ASUS telah dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang terpasang di hardware dan sistemnya. Sistem keamanan ini dapat diatur melalui aplikasi ASUS Business Manager, dengan menyetel fitur Security. Pengguna juga dapat mengunci fungsi USB dengan password, sehingga orang lain tidak bisa mentranfer ataupun mengambil dara pribadi tanpa izin. Harddisk-nya pun dapat dikunci menggunakan password dengan cara mengaktifkan fitur HDD user password protection.

Desain
ASUSPRO P 2430U memiliki desain yang solid, profesional, namun tetap stylish  dan elegan. Posturnya tipis dengan balutan warna gelap juga mendukung kebutuhan penggunanya akan style dengan cita rasa tinggi.  Pada body, notebook ini memiliki tekstur brushed hairline aluminium. ASUSPRO P 2430U menambahkan lapisan scratch-resistant coating pada panel LCD-nya. Layar tersebut pun telah dilengkapi dengan fitur anti glare agar layarnya semakin nyaman dipandang mata dan tidak memantulkan bayangan, khususnya dari belakang pengguna, serta tidak cepat membuat mata lelah. Adapun ketebalannya ialah 2,3 hingga 2,6 cm dan bobot yang relatif ringan yaitu 1,95 kg menjadikan notebook ini mudah dibawa ke mana-mana.



Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog ASUS yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia


33 comments:

  1. laptop adalah senjata tempur utama utk blogger ya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba ^^ Laptop + koneksi internet ^^

      Delete
    2. Ya, apalagi kalau ada Asus, wahhh saya seneng apalagi proseccornya, selain untuk ngeblog bisa lancar buat gaming, jalani kedua hobi saya

      Delete
  2. hmmm...artikel keren pembuatan dibalik layar itu laptopnya kudu menunjang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak Arif. Kalau laptopnya suka ngadat kan jadi susah ya...

      Delete
  3. Mood yang jadi tantangan nomor satu . Apalagi kalau gadget untuk nulis gampang ngadat. Hehe. Ganti laptop kayaknya bisa memperbaiki mood nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Laptop ngadat juga berpengaruh ke mood ya kak :D

      Delete
  4. Yang cepet loadingnya biar ga jamuran idenya ya, mBak. Hehee.
    Asyik nih asus 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya kak Alma. Jangan sampai konten yang akan dipublish kadaluarsa 😃

      Delete
  5. Hidup blogger tanpa laptop kayak gagal moveon kak hihi. Asus makin oke nih lama" produknya

    www.extraodiary.com

    ReplyDelete
  6. Wow asus ...notebook idaman buat penulis tu emang yang antiloading lama y mbak

    ReplyDelete
  7. Mupeng baca fiturnya. Sepertinya Asus bisa jadi pilihan yang oke banget ya mbak :D
    Salam kenal.

    ReplyDelete
  8. Mupeng baca fiturnya. Sepertinya Asus bisa jadi pilihan yang oke banget ya mbak :D
    Salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mom. Fitur-fitur terbaru 😊 Salam kenal juga Mommy Syuna, terimakasih udah berkujung 😃

      Delete
  9. kalau saya sih mood masih bisa dikompromi, tapi ketika ga ada bahan untuk direview ata mikir tips apa yang mau ditulis,

    ini nih, asus yang mantap, say ajuga penegn kalau ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap bang. Hehe. Antara review sama tips ya bang 😃

      Delete
  10. Kira-kira harganya berapa ya ini? Dari dulu udah ngidam sih, antara ASUSPRO atau ASUS ROG :3

    ReplyDelete
  11. Saya juga pakai ASUS dengan prosesor generasi ke 6, mengetik, membuat infografis, mengedit video, buka tutup aplikasi, browsing dan lain sebagainya menjadi lebih mulus, keren banget dah pokonya notebook ASUS. Btw kunjungan baliknya ya, terimakasih

    ReplyDelete
  12. Asus memang jago deh memanjakan costumernya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap Mba, sesuai dengan mottonya: "in search of incredible", ASUS selalu meningkatkan fiturnya agar semakin luar biasa untuk memanjakan para cutomernya ^^

      Delete
  13. jujur aja ya, awalnya saya ngeblog selalu lewat hp akhirnya jadi males buat ngeblog lagi, lalu saya mempunyai rezeki untuk beli laptop (asus) . Eh, sampe sekarang jadi semangat lagi buat ngeblog hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Iya, kalau lewat hape sama lewat laptop/PC itu memang terasa beda feel-nya. Untung ada ASUS ya :D Yeay, jadi bisa terus berkarya yang positif lewat ASUS dong ^^

      Delete
  14. Hehehe, aku pake laptop lenovo dari tahun 2009 dan alhamdulillah masih kuat. Gak lemod juga karena dulu nyari yang speknya bagus.. Kalo rusak mungkin asus bisa jadi pertimbangan hihi

    ReplyDelete