Mencoba Membangun Indonesia dengan IT

Teknologi Komunikasi dan Informasi dan hubungannya dengan suatu "pembangunan". Bagaimana bisa? Oh, kenapa tidak? Bukan saja hubungan aku dan kamu yang dapat dibangun oleh teknologi komunikasi dan informasi. Tetapi hingga pada skala Indonesia. 


Informasi untuk masyarakat

Apakah hal pertama yang terpikir tentang hubungan teknologi komunikasi & informasi dengan pembangunan Indonesia? Masalah geografis? Ya, ya, bisa jadi. Melalui teknologi komunikasi dan informasi, masyarakat yang jauh dari pusat kota atau pusat daerah pemerintahan akan menerima informasi terkini tentang segala hal. Apakah itu kebijakan pemerintah, perkembangan ilmu pengetahuan, atau informasi-informasi terkini lainnya. 


Edukasi untuk masyarakat

Masih percaya bahwa sistem pendidikan di Indonesia belum merata? Ya, ada kawan-kawan kita yang masih punya keterbatasan dalam mengenyam sistem pendidikan. Contohnya keterbatasan jumlah pengajar. Coba bayangkan, kita memberikan informasi kepada orang nun jauh di sana, tentang edukasi atau hal lain yang berguna. Kita dapat memperluas wawasannya. Salah satu hal yang melekat dengan pembangunan adalah pendidikan. Pendidikan ibarat pondasi suatu pembangunan.

Bukan hanya pada teman-teman nun jauh di sana. Ada yang tidak begitu jauh, tetapi mempunyai keterbatasan jarak dan waktu yang kadang membuat sebuah penghalang. Namun dengan adanya teknologi, tembok penghalang itu dapat diruntuhkan. Bagaimana caranya? Teknologi informasi dan komunikasi adalah jawabannya. Sudah banyak situs-situs online yang memberikan tutorial, edukasi, pembelajaran yang membuat kita bisa les/kursus secara fleksibel.


Poin plus plus

Bagi masyarakat yang jeli dalam melihat kesempatan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan. Sebut saja, iklan, toko online, reviewer, dan lain-lain. Teknologi komunikasi dan informasi tentu saja tidak melulu soal jarak jauh. Contohnya website kampus, atau website lainnya. Konon katanya, pada jaman dahulu kala, jika kita mau mengurus urusan administrasi akademik, kita mesti urus ke kampus langsung, ngantri. Namun dengan perkembangan zaman, sekarang tinggal isi Kartu Rencana Studi dari rumah tanpa harus ngantri satu per satu. Lahirnya program-program web based pun memudahkan administrasi dan pencatatan database. Sistem ujian Internet Based pun muncul karena perkembangan teknologi komunikasi dan informasi ini.

Mulai dari diri sendiri, sebisa mungkin berkontribusi

Terkadang, masyarakat hanya bertopang pada pemerintah. Apa apa salahkan pemerintah. Tapi apakah cukup dengan mengkritisi pemerintah tanpa melihat diri sendiri? Contohnya, mengkritik pemerintah akan masalah banjir, padahal masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan. Mengkritik masalah macet, padahal suka bawa mobil pribadi sendiri, apalagi jika perginya untuk jarak yang dekat. Bukankah pemerintah butuh kerjasama dari seluruh pihak? Bukankah kita sebagai bahagian dari negara kesatuan ini punya andil? Tidakkah kita ingin turut menjadikan Indonesia lebih maju? Tidakkah kita ingin berkontribusi membangun Indonesia?

Itulah yang ada di dalam benak saya. Saya ingin bermanfaat bagi orang lain. Sangat ingin. Apa yang bisa saya lakukan? Pundi-pundi dan waktu yang saya miliki belum bisa mengantarkan saya berjumpa dengan teman-teman nun jauh di sana.

Tapi teknologi sudah canggih. Melalui tulisan-tulisan yang ada pada blog ini, semoga saya dapat memberikan pengetahuan dan atau informasi kepada orang luas. Semoga melalui tulisan-tulisan saya ini, saya dapat mengantarkan kebermanfaatan. Walau saya tahu, saya juga masih butuh belajar. Kita sama-sama belajar. Terus Belajar (Taruih Baraja).

Saya pun tahu, teman-teman punya cara tersendiri untuk membangun Indonesia melalui teknologi informasi dan komunikasi. Marilah kita sama-sama membangun Indonesia dengan memanfaatkan hal yang kita punya. Saya yakin, penduduk Indonesia sudah banyak yang kesehariannya dekat dengan teknologi komunikasi dan informasi. Terlepas dari besar atau kecil usaha itu, setidaknya kita telah berusaha dan mencoba untuk berkontribusi membangun negeri ini.

Semoga teknologi yang terus berkembang ini memberikan peran positif yang dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

Catatan: itu ilustrasinya sengaja dibikin pakai Paint. Lagi males buka Corel Draw/AI

6 comments:

  1. Ini lagi ikutan lomba http://kitaindonesia.id/tentang-kitaindonesia/ kah kak ?

    ReplyDelete
  2. Yuk kita manfaatkan teknologi komunikasi dan informasi dengan baik untuk membangun Indonesia. Cayyo!

    ReplyDelete