-->

Ingat Aksi, Ingat Sekolah Relawan

"Relawan" terdiri dari kata "rela" dan "wan". Rela artinya ikhlas; tanpa mengharapkan imbalan. Wan adalah kata yang menunjukkan orang atau pelaku. Jadi relawan ialah orang yang melakukan sesuatu dengan rela; ikhlas; tanpa mengharapkan imbalan dalam melakukan aksi relawan. Bagaimana cara menjadi relawan? Secara umum, tidak ada prosedur tertentu untuk menjadi seorang relawan, kita hanya perlu melakukan sesuatu yang ikhlas demi orang lain.

ingat aksi, ingat sekolah relawan

Antara Saya dan Relawan 

Apakah saya pernah menjadi seorang relawan? Pernah. Mungkin teman-teman sudah pernah menjadi relawan baik secara sadar atau tidak sadar. Kapan? Sewaktu menolong orang lain dengan ikhlas, atau sewaktu kita berkorban untuk yang namanya 'kemanusiaan' dan 'kemasyarakatan'.

Dulu saya pernah tergabung dalam Palang Merah Remaja sekolah saya. Ada 7 prinsip kepalangmerahan, yaitu kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, kesemestaan. Tentang kemanusiaan. Di mana harusnya manusia memang dimanusiakan. Tentang kesamaan. Bahwasanya kita ini sama saja, punya hak untuk hidup tenang dan nyaman. Kenetralan, di mana kita tak boleh pandang bulu dalam menolong siapapun. Jadilah relawan yang mandiri, suka rela, untuk menciptakan satu kesatuan di dunia yang damai.

Semenjak di Palang Merah Remaja itu, saya semakin terpupuk untuk menjadi seorang relawan. Bukan hanya karena prinsip, tapi karena pembelajaran dan pemahaman yang telah diberikan oleh senior di sana. Rasa kemanusiaan ini semakin terpupuk di atas sifat saya yang pada dasarnya ialah seorang pengiba terhadap orang lain yang kurang beruntung.

Ingat Aksi, Ingat Sekolah Relawan

aksi sosial penggalangan dana
Saya pernah melakukan aksi kerelawanan. Bakti sosial, pemberdayaan masyarakat seperti memberikan penyuluhan atau edukasi, dan program-program kerja sewaktu melaksanakan Kuliah Kerja Nyata seperti penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, praktik Cuci Tangan Pakai Sabun, cek glukosa untuk masyarakat, praktik sikat gigi yang benar, gerakan pungut sampah, kampanye kesehatan, dan lain-lain. Ikut aksi sosial penggalangan dana pun pernah.

Ngomong-ngomong aksi, jadi ingat slogan "ingat aksi, ingat sekolah relawan"

Apa itu Sekolah Relawan?

Sekolah Relawan adalah sebuah lembaga sosial kemanusian yang fokus pada edukasi kerelawanan serta pemberdayaan masyarakat sebagai wujud aksi nyata kerelawanan (aksi relawan).

Dalam mewujudkan visi "relawan sebagai pemimpin bangsa", Sekolah Relawan memiliki beberapa misi, yaitu edukasi kerelawanan di berbagai bidang, menggerakkan relawan di segala lapisan dan aspek kemasyarakatan, menggerakkan partisipasi aktif masyarakat dalam kemandirian, mengembangkan program kemanusiaan dan pemberdayaan masyarakat, partisipasi aktif dalam berbagai forum kerelawanan dan kemanusiaan dunia, dan berperan aktif dalam kebijakan pemerintah daerah maupun pusat.

Walaupun jadi relawan itu gampang, tinggal laksanakan dengan ikhlas, namun jika kita membutuhkan suatu wadah untuk berbagi ilmu dan atau mengupgrade ilmu kerelawanan, kita bisa bergabung menjadi relawan di Sekolah Relawan untuk melaksanakan aksi relawan kita. Di sana kita bisa ikut orientasi relawan. Caranya? Bisa dengan masuk ke websitenya, terus download tiket orientasi relawan yang ada di sana.

Buat Apa Kita Menjadi Relawan?

Menolong orang lain, mengorbankan waktu, tenaga dan atau materi kita bukan berarti kita membuang-buang waktu, tenaga, dan atau materi kita itu. Percayalah, ada banyak hal yang bisa kita dapatkan kembali dengan menolong orang lain. 

Untuk menjadi seorang relawan, kita dituntut untuk terus belajar agar bisa menjadi lebih baik supaya kita bisa membantu orang dengan baik pula. Contoh kecilnya saja adalah kita dituntut untuk bisa bermasyarakat, ngomong dengan masyarakat, bergaul dengan orang yang sebelumnya kita tidak kenal. Kemampuan komunikasi kita pun meningkat.

Untuk menjadi seorang relawan, bukan hanya softskill saja yang diasah, tetapi hardskill juga. Kita mesti tahu bagaimana cara menolong seseorang. Seperti membangkitkan seseorang ketika jatuh, menolong ia berjalan, mengobati luka, mengangkat, bermacam-macam.

Menjadi seorang relawan membuat kita mempunyai banyak relasi. Bagaimana tidak? Kita bekerja dengan teman-teman. Kita tak lepas dari masyarakat. Jaringan pertemanan relawan itu biasanya luas dan erat.

"Volunteering helps you grow"

Ingat: "Relawan itu tidak dibayar bukan karena tidak berharga, tetapi karena tidak ternilai" -Shelly Anderson. Jangan lupa pula: "ingat aksi, ingat sekolah relawan" ;)

6 comments:

  1. Saya juga suka banget kegiatan volunteer. Bukan karena nggak punya kerjaan, tapi emang nyempetin bukan kegiatan ini supaya bisa belajar hal baru dan kenal orang-orang baru :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, kak Fa. "Belajar hal baru, kenal orang baru" ^^

      Delete
  2. Jadi relawan itu ada serunya dan ada tidak serunya juga ya mbak tidak setiap jadi relawan itu tidak seru mulu atau sedih pasti ada senangnya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Kang, ada suka dukanya juga sih. Ada senang, ada susah. Dinikmatin aja dulu, entar jadi kenangan tersendiri di masa mendatang :D

      Delete
  3. Selama kita ikhlas dalam membantu kita jadi relawan kok 😄👍👍

    ReplyDelete