-->

6 Tips Liburan Ceria Bersama Anak

Take a break and see how beautiful this world is
Libur telah tiba!
Libur telah tiba!
Libur telah tiba!
Hatiku gembira!
Hooreee!

Belum. Libur belum tiba.

Tapi bentar lagi. 

Bentar lagi akhir semester, bentar lagi akhir tahun.

Liburan merupakan momentum yang berharga untuk bisa berkumpul bersama keluarga. Jika biasanya kita sibuk dengan pekerjaan dan waktu untuk bersama keluarga menjadi sedikit -bahkan sangat sedikit- maka liburan adalah saat yang tepat untuk "balas dendam" dengan waktu yang telah "direnggut" oleh pekerjaan. Maksudnya? Ya... bagi-bagi waktu gitu. Ada saatnya kita fokus ke pekerjaan. Di balik itu, keluarga adalah tempat asal, dan kembali. Mengadakan liburan bersama keluarga adalah salah satu bentuk quality time yang oke.

Di dalam sebuah keluarga, tak jarang ada anak kecil di sana. Entah itu anak, adik, keponakan, cucu, dan lain sebagainya. Bagaimana jika kita mau liburan ceria bersama anak kecil?

Tips liburan ceria bersama anak


Diskusikan destinasi liburan bersama-sama

Diskusikan bersama-sama kemana dan bagaimana liburan kali ini. Libatkan pula anak-anak dalam diskusi ini agar mereka dapat berlatih menyampaikan pendapat dan berdiskusi dengan baik. Jika permintaannya ditolak (karena budgetnya terlalu tinggi, misalnya), berikan alasan dan pemahaman mengapa keinginan liburannya ditolak dengan bahasa yang halus dan mendidik.

Checklist barang yang akan dibawa

Pakaian... dompet... ponsel... kamera... charger... apalagi ya?

Jika merencanakan liburan di tempat yang jauh dari rumah, buatlah daftar barang yang hendak dibawa, agar lebih terstruktur dan rapih. Sehingga nanti tidak ada cerita ketinggalan. Rempong juga kan, kalau barang-barang anak kecil ketinggalan. Gak semua bisa digampangin dengan mikir bisa beli di jalan. Ingat budget.

Bagus juga kalau anak lah yang mempersiapkan barang-barangnya sendiri. Selain untuk mengajarkan kemandirian, hal ini juga dapat meminimalisir ketinggalan barang favoritnya. Misalnya, baju kesukaannya. Namun, berikan pengertian kalau liburan gak usah bawa barang-banyak, kita liburan, bukan pindah rumah. Bawa yang perlu-perlu saja, sesuai dengan lama kita liburan. Walaupun pada umumnya anak-anak membutuhkan jumlah pakaian yang lebih karena suka belepotan dengan noda. Noda makanan, misalnya.

Jangan lupakan sapu tangan atau tisu. Biasanya anak-anak butuh barang-barang seperti ini. Em, orang dewasa juga tak terkecuali sih.

Tempat tinggal jangan lupa

Bookinglah dari jauh hari. Bayangkan jika kita liburan bersama anak-anak, dan ketika hendak tidur, kita mencari-cari penginapan. Ternyata penginapan penuh karena waktu libur banyak yang mengisi. Repot juga kan? Jika liburan bersama anak, carilah tempat yang kids friendly atau nyaman buat anak-anak.

Makanan dan obat-obatan

Bawa juga cemilan untuk bisa dikonsumsi ketika di perjalanan, terutama yang disukai oleh si anak kecil yang kita bawa. Perhatikan jika si anak kecil suka mabuk atau tidak. Kalau iya, kondisikan obatnya. Sebaiknya siapkan kotak P3K kecil.

Biasanya, anak-anak merupakan usia yang rentan terkena sakit. Apalagi jika terjadi perubahan cuaca, suhu, dan keadaan yang ekstrim. Jika daya tahan tubuh si anak tidak mampu melawan zat asing yang masuk ke dalam tubuhnya, si anak bisa dengan mudahnya jatuh sakit dan demam. Jika ini terjadi di saat liburan yang mana kita pengen hepi-hepi, eh ada yang sakit, momen kegembiraan di saat liburan tentu akan berkurang. Oleh karena itu, membawa perlengkapan obat-obatan itu sangatlah perlu untuk jaga-jaga. "Sedia payung sebelum hujan." Biasanya obat-obatan yang diperlukan adalah minyak kayu putih, obat merah, kasa & plester, dan obat penurun panas.

Selalu bersikap positif


Ada kalanya masalah datang tiba-tiba, seperti pesawat delay, macet, atau anak/adik kecil jatuh sakit atau demam.

Jangan panik. Kalau kita panik, si anak/adik kecil juga bakal panik melihat respon kita. Lebih baik jika kita bersikap tenang dan berpikir jernih. Jika si anak/adik kecil itu badannya panas, coba ukur suhu tubuhnya dengan termometer. Apabila suhu tubuh di atas 38,5 derajat Celcius. maka sebaiknya berikan obat penurun panas atau Paracetamol.

 

Tempra® merupakan obat anak-anak berupa sirup yang efektif untuk meredakan demam dan rasa nyeri pada anak secara cepat, karena Tempra bekerja langsung pada di pusat panas. Tempra juga aman dan tidak menimbulkan iritasi lambung. Oleh karena itu Tempra dipercaya oleh keluarga secara turun temurun. Terdiri dari rasa Cherry dan Pisang yang enak, bukan rasa pahit. Tempra sangat direkomendasikan untuk menurunkan panas anak. Siapkan selalu Tempra® untuk mengatasi masalah demam pada anak, karena -itu tadi- Tempra cepat menurunkan demam.

Jaga stamina


Kita sama-sama tahu bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Jika anak sudah drop, kita jangan. Walaupun tujuan liburan adalah bersenang-senang, jangan seenaknya juga terhadap diri sendiri. Makan teratur dan istirahat yang cukup penting untuk menjaga stamina. Jangan memaksakan diri kalau sudah capek.

-----------------------------------------

Itulah tips-tips agar liburan bersama anak menjadi liburan yang ceria. Jika ada kritik, saran, pertanyaan, sanggahan, tanggapan, tambahan, boleh berkomentar di kolom komentar postingan ini. Terimakasih. Semoga bermanfaat ;)

-----------------------------------------

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho.


19 comments:

  1. iya seru kalo jjs sekeluarga. tapi musti banyak persiapan termasuk obat, biar anak nggak kenapa2 ntar saat liburan...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Sedia payung sebelum hujan, mencegah lebih baik daripada mengobati ^^

      Delete
  2. Libur? Libur itu apa ya? Wkwkwkwk. Udah lupa rasanya libur nih. Mudah-mudahan bisa liburlah entar, habis magang.

    ReplyDelete
  3. Libur? Libur itu apa ya? Wkwkwkwk. Udah lupa rasanya libur nih. Mudah-mudahan bisa liburlah entar, habis magang.
    #jadicurhat

    ReplyDelete
  4. Wah ada rasa cherry dan pisang ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada Tempra punya pilihan rasa yang menggugah kan? ^^

      Delete
  5. Makasi tips-tips liburan ceria bersama anak-nya, gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Anik, terimakasih sudah meninggalkan jejak di postingan tips liburan ceria bersama anak ini ^^

      Delete
  6. Suka sama quotes di gambarnya: "take a break and see how beautiful this world is" :)

    ReplyDelete
  7. Cute banget siiii si adek-adek yang ada di kemasan produk Tempra *salah fokus*

    ReplyDelete
  8. Aku termasuk ibu yang paling parno kalau mau ngajakin anak pergi jauh Mbak. Ya takutnya kalau sakit itu Mbak. Jadi kalau mau ngajakin anak pergi nuggu pas dia lagi fit bget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Strategi yang bagus juga Mbak, nunggu anak fit dulu. Jangan terlalu parno Mbak, semua ada solusinya :)

      Delete