-->

6 Cara Ampuh Mengatasi Kondisi Sakit ala Anak Kos

Antara mahasiswa perantau, waktu, dan uang serta hubungannya dengan kesehatan*


Keadaan tubuh yang sedang sakit atau tidak fit tentu membuat kita tidak dapat melakukan aktifitas dengan lancar. Rasanya tidak menyenangkan jika kita harus melakukan aktifitas sehari-hari tetapi keadaan tubuh sedang tidak baik. Kondisi tubuh yang tidak sehat dapat mengganggu produktivitas kita. Jangankan untuk bekerja, hal-hal yang dapat dilakukan seperti jalan-jalan atau travelling, ataupun melakukan kegiatan yang kita gemari pun akan terasa tidak menyenangkan. Bahkan, untuk sekedar memberikan perhatian atau curahan kasih sayang kepada orang terkasih juga dapat terhambat. Malahan kita yang ingin diperhatikan di saat kita sakit. 

Di sinilah kita merasakan bahwa sehat itu berharga.

My Healthiness, My Precious Moment

Sebagai mahasiswa plus anak kosan yang tengah merantau dan berusaha bertahan hidup sendiri di negeri orang, pastinya saya tidak ingin jatuh sakit. Apalagi ada banyak kegiatan yang harus saya lakukan, mulai dari kuliah, organisasi, komunitas, atau kerja serabutan jika ada projek (Masih belum mendapatkan pekerjaan tetap). Ada banyak tugas yang mesti diselesaikan. Pergi pagi pulang malam mah biasa bagi saya. Hal-hal yang melekat dengan mahasiswa dan anak kos adalah waktu (seperti dikejar deadline) dan duit. Betul tidak?

Tugas-tugas kuliah, organisasi, projek, memiliki deadline masing-masing. Ah ya, jangan lupakan juga tugas sebagai anak kosan seperti menyuci, menyetrika, memasak, bersih-bersih, dan hal-hal kecil seperti mengisi galon, dan apa lagi ya? Tidak bisa diremehkan juga, maklum kosan kami adalah kosan yang menuntut penghuninya mandiri. Tidak ada pembantu yang membantu menyapu atau bersih-bersih, tidak ada jasa catering dari kosan, tidak ada jasa laundry dari kosan. Dipikir-pikir, enak juga ya, dapat kosan punya banyak jasa. Tapi rata-rata kosan di daerah saya ini tidak menyediakan jasa seperti itu. Bisa saja sih, nyari jasa catering dan laundry di luar, tapi...

Duit! Ini juga penting banget untuk diperhatikan. Apa-apa di dunia ini sekarang butuh duit. Jarang yang gratis. Gak usah dijelaskan lagi, gimana penting dan untuk apa. Hal yang paling melekat buat saya secara khusus mengenai duit adalah: uang kos, ongkos, dan makan. 

Kenapa ada ongkos? Apakah saya tidak ngekos dekat dengan kampus? Saya ngekos dekat kok, dengan kampus. Hanya saja perguruan tinggi tempat saya menimba ilmu ini memiliki beberapa lokasi kampus. Jadi jika ada kegiatan di kampus lokasi yang lain, maka dari itu saya mesti mengeluarkan ongkos. Mengeluarkan ongkos juga berlaku jika saya perlu ke pasar, atau ke tempat-tempat pertemuan suatu agenda. Cie elah.

Makan! Nah ini dia yang penting juga. Kalau ada waktu untuk memasak, mesti beli bahan-bahan masakan. Kalau gak ada waktu buat memasak, ya beli makanan di luar. Makhluk hidup tentunya butuh makan karena ini merupakan salah satu ciri-ciri makhluk hidup selain tumbuh, bernafas, ... oke skip.

Kita memiliki empat variabel bebas (variabel independen), yaitu waktu, uang kos, ongkos, dan uang makan. Uang kos menunjukkan bahwa saya seorang anak kos. Ongkos menunjukkan bahwa saya punya jarak antara suatu tempat dengan tempat lain. Uang makan menunjukkan bahwa? Ya, saya seorang makhluk hidup. Jadi kita memiliki variabel terikat (dependen) yaitu: Anak kos aka perantau yang berprofesi sebagai mahasiswa.

Hubungannya adalah, ketika jarak membutuhkan waktu untuk sampai di suatu lokasi, dan waktu menyediakan ruang antara tugas dan makan. Bagaimana jika dikejar waktu dan tubuh butuh makan? Bagaimana jika di perjalanan diserang butiran hujan? Ditambah jumlah kendaraan bermotor, orang-orang merokok di kendaraan umum membuat polusi bertambah, asap, debu, semua sumber penyakit. Jika antibodi sedang tidak dapat bertahan, jatuhlah kita pada kondisi tidak fit, atau bahkan sakit, atau bahkan ngedrop.

Tapi saya sendiri di sini.

Bagaimana saya mengatasi kondisi sakit/ tidak fit hingga dapat pulih seperti sedia kala? Inilah cara mengatasi kondisi sakit atau tidak fit buat mahasiswa perantau a.k.a anak kos, ala saya:

Istirahat
take a rest
Ketika sedang ngedrop, jalan utama yang saya lakukan adalah istirahat. Take a rest on my bed, and let my self feel comfortable. Gak pernah merasa sebegitu nyamannya karena dalam keadaan sakit, ya terasa sakit. Namun, ini lebih baik daripada berada di luar, dan memaksa tubuh melakukan kegiatan yang menguras energi padahal tubuh butuh istirahat di saat sakit.

Mandi dengan air dingin di pagi hari
shower
Mandi di pagi hari, dan keramas. Mandi membuat badan menjadi segar, fresh, dan membuat kita merasa siap untuk melakukan aktivitas, serta mengusir kemalasan. Tapi... kan lagi sakit? Yap, kita masih butuh istirahat. Tapi, terlalu memanjakan diri di atas kasur tidaklah baik. Ini serius, mandi di pagi hari dengan air dingin membuat saya merasa lebih baik ketika kondisi badan saya tidak fit.

Makan makanan yang bergizi
healthy food
Makan makanan yang bergizi. Tapi... saya sendirian. Sebisa mungkin saya berusaha mendapatkan makanan yang bergizi, karbohidrat, protein, vitamin, mineral.

Minum air hangat
hot drink
Ketika sakit saya akan lebih banyak makan buah dan minum susu. Tubuh butuh asupan untuk energi, dan untuk pembuatan antibodi. Saya juga kalau minum, lebih memilih minum air hangat.

Refreshing
refresh your mind
Jika keadaan memungkinkan untuk hangout ke luar, maka lakukanlah. Kita butuh hal-hal yang menggembirakan. Kita butuh merefresh otak kita. Ngumpul dengan orang-orang terkasih baik itu teman atau keluarga dapat membuat mood kita menjadi baik. Kunjungi tempat yang membuat otakmu segar. Kadang, sakit berasal dari pikiran. Rasa sakit dapat hilang ketika bersama orang-orang tersayang.

Vitamin tambahan
Ketika sakit, saya juga memilih untuk mengkonsumsi vitamin tambahan alias vitamin yang telah dikemas menjadi tablet. Terlebih jika kondisi sedang tidak memungkinkan untuk pergi membeli buah-buahan.

Sumber
Theragran M merupakan mengandung multivitamin dan mineral. Multivitamin dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita, dan bisa menggantikan vitamin dan mineral yang mungkin tidak kita dapatkan saat mengkonsumsi makanan sehari-hari. Berbicara efek samping, sejauh ini tidak ada efek samping bila mengonsumsi multivitamin. Namun mengonsumsinya pun harus dalam jumlah dosis yang benar. Satu tablet per hari sudah cukup. Sumber: tanyadokter.com

Theragran-M merupakan multivitamin yang dapat mempercepat masa penyembuhan. Selain itu, Theragran-M juga merupakan multivitamin yang bagus untuk memulihkan kondisi tubuh setelah sakit.

Itulah cara-cara mengatasi kondisi sakit/ tidak fit ala mahasiswa perantau a.k.a anak kos seperti saya. Bisa juga diterapkan untuk non-mahasiswa, non-anak kos, non-perantau.

Selanjutnya, sebisa mungkin jaga kesehatan. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kesehatan itu berharga.

My Healthiness, My Precious Moment.

Semoga bermanfaat. Jika ada kritik, saran, sanggahan, atau tambahan, silahkan beri komentar di bawah ini. Terimakasih. Salam!

------------------------------
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho.


Sharing is caring :)

20 comments:

  1. My healthiness, my precious moment. Terimakasih tips nya Uni :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 :) Terimakasih telah meninggalkan komen

      Delete
  2. Betul banget Uni! "My heathiness, my precious moment". Sehat-semangat! Semangat untuk sehat. Salam!

    ReplyDelete
  3. Dulu pas masih kuliah saya juga sering sakit..., ringkih badan karena nggak jaga kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. Sekarang sudah gak lagi kan Mbak?

      Delete
  4. Nomor dua mayan berat tuh buat saya. Tapi manjur juga. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Iyaa juga, apalagi di daerah yang punya hawa dingin.

      Delete
  5. Pakai latar belakang, rumusan masalah sampai hasil segala. Hahaha. Semangat skripsiiii. Semangat wisudaa. Ups!

    ReplyDelete
  6. TheragranM ya? hmm. Boleh dicoba...

    ReplyDelete
  7. "my healthiness, my precious moment"
    Ingat sehat sebelum sakit
    Jangan sampai sakit ^^

    ReplyDelete
  8. Super sekali tips tips mengatasi kondisi sakit ala anak kos nya kak

    ReplyDelete
  9. Aku juga anak kosan, Mbak, jadi memang harus dijaga banget kesehatannya karena apa-apa diurusin kita sendiri ^_^

    ReplyDelete
  10. Boleh dicoba juga nih TheragranM multivitamin (A sampai Zinc). Biasanya saya cuma nyoba vitamin C. Hehe. Insyallah aman lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyaallah aman. Tapi dosisnya harus sesuai juga ;)

      Delete