-->

5 Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Buat sobat Taruih Baraja yang di rumahnya mempunyai anak kecil, entah itu anaknya, adiknya, keponakannya, cucu, atau apapun hubungannya, pernah mendapati anak-anak itu gak mau makan?

Biasanya, anak-anak susah makan karena sedang sibuk bermain, tidak suka sama makanan, atau memang karena tidak nafsu makan. Pada umumnya, kondisi tidak nafsu makan pada anak adalah kondisi wajar, terutama pada anak usia 1-5 tahun (rata-rata usia balita). Apalagi ketika si anak baru lepas ASI dan baru pandai berjalan. Seiring dengan kepandaiannya yang bertambah, maka aktivitasnya akan bertambah pula. Alhasil, minatnya terhadap makanan dan/atau minuman menjadi menurun.

Padahal, nafsu makan anak berhubungan dekat dengan berat badan anak, daya tahan tubuh anak terhadap penyakit, hingga bahaya penurunan tingkat kecerdasan. Kenapa? Karena makanan mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Terlebih anak-anak berada pada masa pertumbuhan, tentunya membutuhkan gizi yang cukup. Oleh karena itu, di sinilah dibutuhkan kesabaran untuk menghadapi anak yang susah makan.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi anak susah makan ala Taruih Baraja:



Kontrol Cemilan Anak

Biasanya, penyebab anak gak mau makan (makanan pokok) adalah karena lambungnya sudah penuh dengan camilan, alias terlanjur kenyang dengan cemilan. Untuk itu, dibutuhkan pengontrolan pada anak terhadap camilan. Entah itu yang ada di rumah, atau yang si anak jajan sendiri. Pengontrolan dilakukan agar si anak tidak terlalu kenyang dengan camilan. Apalagi camilan makanan ringan yang kebanyakan gas daripada bahan zat gizinya.

Variasi Menu

Menu makan yang itu-itu aja membuat kita sebagai orang dewasa bisa menjadi bosan. Apalagi anak-anak? Terlebih pada anak-anak yang baru mengenal citra rasa dan makanan, dibutuhkan pengenalan lebih lanjut mengenai aneka ragam makanan. Menu makanan yang bervariasi dapat menjauhkan kita dari rasa bosan. Menu yang bervariasi tidak harus bahan makanannya yang bervariasi. Tetapi memvariasikan menu juga dapat melalui variasi cara mengolah. Contohnya, kita punya stok bahan yang banyak. Hari ini kita bisa mengolahnya dengan membakar, besok direbus, besok dimasak dengan cara lain.

Porsi Makanan

Beberapa orang tua ingin agar anaknya tumbuh gemuk. Oleh karena itu, diberikanlah makan dengan porsi yang besar. Terkadang hal ini dapat memberikan tekanan pada anak, terutama bagi anak yang kurang suka makan. Jangankan untuk menyantap, melihat porsi makanan yang banyak saja, si anak menjadi tambah kehilangan nafsu makan. Berikan porsi yang pas, tidak terlalu banyak, dan tidak terlalu sedikit. Porsi makan yang baik adalah yang sesuai dengan aktivitas atau kalori yang dikeluarkan.

Penyajian Makanan

Untuk beberapa anak, penyajian menu makanan yang dikreasikan ke dalam bentuk-bentuk yang lucu dan cantik, dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi si anak. Apalagi yang sesuai dengan kesukaan anak. Misalnya si anak suka Spongebob Squarepants, maka kreasikan makanan anak seperti yang ada dalam cerita Spongebob Squarepants itu.

Suplemen Tambahan

Untuk memberikan nutrisi pada anak-anak, apalagi anak-anak yang susah makan, kita dapat memberikan suplemen nutrisi untuk tumbuh kembang dan daya tahan tubuh anak.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum

Laperma Platinum adalah suplemen nutrisi untuk tumbuh kembang dan daya tahan tubuh anak yang dipadu dari bahan berkualitas dan bermanfaat untuk tubuh anak. Laperma Platinum hadir dengan khasiat madu Affis Mellifera, sari ikan Salmon, temulawak, temu ireng, dan lempuyang. Laperma Platinum juga diproses dari bahan madu yang terjamin keasliannya, kemurnian, dan kualitasnya. Proses produksi Laperma Platinum ini dibuat melalui standar ketat dan lingkungan kerja yang higienis.

Tag: cara mengatasi anak susah makan, cara mengatasi anak susah makan dengan Laperma Platinum, Laperma Platinum.

24 comments:

  1. Bermanfaat nih kak. Makasi infonya ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih pula sudah singgah dan meninggalkan jejak di postingan Cara Mengatasi Anak Susah Makan ini, Neng :)

      Delete
  2. Laper, Ma! Laperma. Hehehe. Bisa aja nih yang bikin nama produk Laperma Platinum ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe betul betul betul, Ingat Laperma Platinum, ingat Laper, Ma. Hehehe

      Delete
  3. Salam kenal, Uni. Saya baru mencoba Laperma Platinum ini ke anak saya. Sejak itu anak saya jadi doyan makan dan berat badannya naik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Lala. Wah, mantap kali. Laperma Platinum untuk mengatasi anak susah makan :D

      Delete
  4. Laperma Platinum is the best untuk mengatasi anak susah makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah Ani, Laperama Platinum untuk mengatasi anak susah makan :D

      Delete
  5. Saya juga makai Laperma Platinum untuk mengatasi anak saya yang susah makan. Ampuh juga Mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah Mba Win, Laperma Platinum untuk mengatasi anak susah makan :D

      Delete
  6. Good suggestion, Laperma Platinum untuk mengatasi susah makan pada anak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi kak ve, yeah, Laperma Platinum untuk mengatasi anak susah makan :D

      Delete
  7. Banyak juga yang merekomendasikan Laperma Platinum untuk mengatasi anak susah makan ya. Waah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya kak Sut. Laperma Platinum untuk mengatasi anak susah makan :D

      Delete
  8. Laperma Platinum buat "Laper, Ma". If ya know what i mean...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah, i guess i know what did you mean :D Laperma Platinum for Laper, Ma

      Delete
  9. Replies
    1. Ondeh mandeh, Laperma Platinum sebagai solusi mengatasi anak susah makan.

      Delete
  10. Hooh Mbak, sepakat. Anakku nih hobi banget ngemil. Makanya kalau mau masuk jam makan cemilan sering tak umpetin. Hihi. Lah daripada aku pusing mikirin dia nggak mau makan nasi dan sayur. Wkwkwk

    ReplyDelete